Scene on Three #3


Yah, harus diakui saya ini males-malesan kalau bikin postingan. Entah itu konten maupun frekuensinya. Bahkan kalau sudah rajin buat pun, males mengeposkannya. Jangankan meme, review saja sering bertumpuk untuk saya pos nanti-nanti. Sebenarnya saya cuma mau bilang, kalau postingan meme di blog saya sedikit sekali.

Oke, kita abaikan paragraf gajelas diatas dan langsung menuju konten pos ini yang sebenarnya. Scene pilihan saya saat ini diambil dari buku Lord Edgware Dies karya Agatha Christie

"Tidak, tidak. Kau sepenuhnya seimbang. Kau merupakan personifikasi akal sehat. Kau sadar apa artinya itu buatku? Kalau seorang penjahat merancang tindak kejahatannya, yang pertama dilakukannya adalah menyesatkan. Siapa yang ingin disesatkannya? Dalam bayangannya adalah ornang normal. Meskipun sebenarnya mungkin tidak ada orang yang benar-benar normal--itu cuma anggapan yang bersifat matematis. Tapi kau amat mendekati kemungkinan normal sepenuhnya itu. Memang ada kalanya kau menunjukkan kecerdasan yang hebat sekilas-sekilas pada waktu kau meningkat di atas kecerdasan rata-rata, ada kalanya pula (kuharap kau mau memaafkan) kau turun sampai ke tingkat ketololan yang mengherankan. Tapi pada umumnya kau betul-betul normal. Eh bien, bagaimana ini bisa menguntungkan aku? Mudah saja. Seperti melihat ke dalam cermin, padamu aku melihat apa yang diinginkan si penjahat agar aku percaya. Itu amat menolong dan banyak menimbulkan gagasan." p.166

Poirot medeskripsikan 'fungsi' Hastings bagi dirinya. Yaitu sebagai orang yang bisa ditipu si penjahat, terdengar kasar memang. Tapi ternyata hal itu memang penting sekali, ketika kita sadar apa yang diingikan si penjahat, berarti kita juga sadar apa yang tidak diingikannya. Dan saya jadi berandai-andai. Jangan-jangan kalau kita mau memecahkan teka-teki Agatha Christie, kita butuh orang seperti Hastings juga. Orang normal yang bisa disesatkan oleh Agatha. Karena pasti sulit untuk memiliki dua pemikiran kan? Hmm..

 Mau ikut Scene on Three juga?

• Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
• Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
• Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
• Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
• Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31)

Komentar

  1. Hmmm...kasar memang, tapi benar, bisa membantu :)

    BalasHapus
  2. Berarti aku kudu ngaca dulu buat memecahkan kejahatan :p

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Kota Topeng Angker - Yovita Siswati

Peter Pan - J. M. Barrie

Which Character Would You Choose?

The Litigators - John Grisham

Scene on Three #1