Minggu, 27 April 2014

The Cuckoo's Calling - Robert Galbraith (J.K Rowling)


Judul Asli : The Cuckoo's Calling (2013)
Judul Terjemahan : Dekut Burung Kukuk 
Pengarang : Robert Galbraith (a.k.a J.K Rowling)
Alih Bahasa : Siska Yuanita 
Alih Bahasa puisi hal 7 & 517 : M. Aan Mansyur
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Cetakan ke-1 Desember 2013
Jumlah Halaman : 520 hlm

Cormoran Strike, detektif partikelir berkaki satu dengan tubuhnya yang besar dan berbulu sedang mengalami kondisi yang sangat amat buruk, hutang menumpuk, ancaman pembunuhan, karier yang hampir hancur, dan baru saja putus dengan sang kekasih yang membuatnya harus tidur di kantor. Bagai dewi fortuna, Robin datang sebagai sekretaris barunya dan dengan mengejutkan di jam-jam pertama dia bekerja, akhirnya seorang klien kaya raya datang menyewa jasanya yang berarti membantunya dari masalah ekonomi

John Bristow, adalah pengacara yang mempunyai adik seorang supermodel yang baru meninggal tiga bulan lalu, Lula Landry. Ia tak percaya ketika polisi menyatakan itu bunuh diri, dan dengan agak memaksa meminta Strike untuk menyelidiki kasus yang sudah mulai tenggelam ini. Walau awalnya tidak yakin, Strike yang notabene adalah mantan angkatan darat toh juga menyelidiki dengan tekun, metodis, juga teliti. Dengan bantuan Robin yang berinisiatif tinggi, mereka mencari fakta ke sana ke mari. Surat kabar, internet, wawancara, kemanapun mereka dapat menemukan kebenaran.

Minggu, 20 April 2014

Why Didn't They Ask Evans? - Agatha Christie

Judul : Why Didn't They Ask Evans? (1934)
Judul terjemahan : Pembunuh di Balik Kabut 
Pengarang : Agatha Christie 
Alih Bahasa : Mareta 
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama 
Terbit : Cetakan ke-enam, Oktober 2012 
Jumlah Halaman : 304 Hlm


Bobby dan Dokter Thomas sedang bermain golf ketika mereka menemukan orang itu, sepertinya ia salah langkah ketika kabut datang sehingga terjatuh dan pingsan di jurang itu.
Dokter Thomas akhirnya pergi mencari bantuan dan Bobby ditugaskan menunggui pria itu, beberapa menit kemudian, pria itu meninggal dengan kata-kata terakhirnya "Mengapa mereka tidak memanggil Evans?" Bobby kemudian
menutup wajah pria itu dengan saputangan yang ada di sakunya, tak sengaja sebuah benda tertarik keluar, sebuah foto wanita yang menarik yang tak mungkin di lupakan, tentu ia mengembalikan foto itu lagi.

Ingat akan janji pada ayahnya membuat Bobby tidak ragu untuk mengalih-tugaskan tugasnya menunggui mayat pada seorang pria asing bernama Bassington-ffrench yang kebetulan lewat.
Kejadian aneh baru terjadi setelah pemeriksaan, polisi menemukan foto wanita di saku korban dan menghubungi Mrs. Cayman, wanita yang ada dalam foto. Ia mengakui pria itu adalah kakaknya yang bernama Alex Pritchard. Hal yang aneh adalah Mrs. Cayman samasekali berbeda dengan wanita menarik di foto yang kemarin Bobby lihat. Apalagi beberapa hari kemudian Bobby diracun dengan 8 butir morfin! Sebuah keajaiban dia masih hidup. Pertanyaannya, siapa yang ingin Bobby mati? Kenapa?

Minggu, 13 April 2014

Scene on Three #1

Hola..
Selamat hari minggu!! Sudah lama, kalau cek Blog Buku Indonesia (btw Happy Birthday BBI!!) setiap tanggal yang ada unsur angka 3-nya. Pasti ada aja meme "Scene on Three". Dan ngomongin adegan suatu buku itu memang menyenangkan.. Apalagi kalau ternyata ada orang punya opini tentang adegan itu juga.

Nah, karena hari ini tanggal 13, untuk pertama kalinya.. Saya mengikuti meme buatan blog Bacaan Bzee ini.

Berikut scene pilihan saya, diambil dari novel Bumi - Tere Liye
Sejak aku sudah mengerti, aku tahu bahwa di keluarga kami juga ada peraturan tidak tertulis-di luar peraturan Mama yang setebal novel itu. Papa tidak akan pernah membicarakan masalah kantor kepadaku. Juga Mama, tidak akan pernah membicarakan masalah apa pun di luar sana kepadaku. Mereka berjanji tidak akan melibatkanku yang masih kecil (sekarang sudah remaja), membuatku ikut memikirkan, cemas, mengganggu jam belajarku. Biarkan Ra menikmati masa-masa terbaiknya, demikian penjelasan Mama yang aku tahu dari mengintip di balik sela jemari. Biarkan masalah-masalah itu hanya ada pada Mama dan Papa. (Hal 64)

Sebuah kenyataan menarik mengetahui bahwa orangtua Ra, sebisa mungkin merahasiakan rahasia mereka dari Ra. Agar Ra tidak terbebani. Walaupun, sebenarnya Ra tau semua masalah mereka dengan mengintip sambil menghilang. Berbeda dengan saya, dimana orangtua saya, sangat suka mendiskusikan masalah mereka dengan saya (meski saya yakin tidak semuanya). Agar saya tau bahwa hidup tidak mudah.
Meskipun sampai dengan cara yang berbeda, kami sama-sama tau masalah orangtua kami. Dan saya sangat setuju dengan cara Ra, yang tidak merepotkan orangtuanya lebih banyak ketika tau mereka sedang banyak masalah.

 Mau ikut Scene on Three juga?
  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...