Rabu, 29 Oktober 2014

The Giver - Lois Lowry

Judul: The Giver (1993) 
Judul terjemahan: Sang Pemberi 
Pengarang: Lois Lowry 
Penerjemah: Ariyantri Eddy Tarman 
Desain dan ilustrasi cover: Staven Andersen 
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama 
Terbit: Cetakan ke-1, Agustus 2014 
Tebal: 232 hlm 
Genre: Dystopia 
ISBN: 978-602-03-0668-1 

Distopia didalam utopia 

Kehidupan di Komunitas Jonas selalu teratur. Semua berjalan dengan lancar dan aman. Karna pemikiran yang terlalu jauh, para pendahulunya memutuskan untuk hidup dengan cara begitu. Membuat kesamaan, mempermudah segala sesuatu bagi semua orang. Namun ingatan masa lalu tentang kehidupan yang lebih berwarna tidak bisa dibuang begitu saja. Ingatan itu dibutuhkan, sebagaimana tujuan mempelajari sejarah. Agar kita tidak terjebak pada kesalahan-kesalahan yang sama. Tapi tidak semua orang sanggup menerima ingatan. Apalagi setelah terbiasa dengan kehidupan yang teratur dan fokus. Maka dipilihlah seorang Penerima, yang menanggung ingatan masa lalu di seluruh dunia baik yang menyenangkan pun yang menyakitkan.

Kamis, 23 Oktober 2014

Misteri Gua Purba - Yovita Siswati

Judul: Seri Misteri Favorit 4: Misteri Gua Purba 
Pengarang: Yovita Siswati 
Penyunting: Pradikha Bestari 
Ilustrator, desain sampul & isi: Indra Bayu 
Penerbit: Kiddo 
Terbit: Cetakan ke-2, Juli 2014 
Tebal: 162 hlm 
Genre: Adventure, Thriller & Mystery 
ISBN: 978-979-91-0699-5 

Saat sedang duduk di ruang makan hotel, Bagas disapa Paman Darsana. Pria bertubuh tambun itu adalah seorang kolektor dan pengamat seni. Paman Darsana memuji sketsa buatan Bagas, dan menunjukkan lukisan-lukisan hebat dalam buku katalognya. Namun, saat si Tato Tengkorang muncul, entah kenapa Paman Darsana jadi ketakutan dan pergi meninggalkan ruangan itu. 

Esoknya tiba-tiba saja Paman Darsana menitipkan sebuah tabung bambu misterius pada Bagas lalu ia menghilang. Anehnya, pada pagi hari berikutnya si Tato Tengkorak juga check out dari hotel tersebut. Bagas mau saja menunggu Paman Darsana kembali dan mengembalikan tabung itu, tapi ia sudah harus pergi ke desa sepupunya. Sebelum pergi, Bagas sempat mengambil buku katalog lukisan Paman Darsana. Siapa tau itu bisa jadi petunjuk. 

Sepupunya sendiri, Galuh adalah anak perempuan tomboi yang selalu ingin tau. Karena sifatnya itulah Bagas dapat maju selangkah dalam penyelidikannya mengenai hilangnya Paman Darsana. Misalnya tabung bambu itu rupanya berisi kertas daluang kuno bertuliskan sajak beraksara jawa juga lukisan Pasukan Kumsius dalam katalog yang judulnya di tandai tinta merah. 

Kamis, 16 Oktober 2014

The Adventure of Christmas Pudding - Agatha Christie

Judul : The Adventure of the Christmas Pudding (1960) 
Judul terjemahan : Skandal Perjamuan Natal 
Pengarang : Agatha Christie 
Penerjemah : Ny. Suwarni A.S. 
Desain&ilustrasi sampul : Satya Utama Jadi 
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama 
Terbit : Cetakan ke-5, Oktober 2013 
ISBN : 978-979-22-2970-7 
Tebal : 352 hlm 
Genre : Crime, Classic, Thriller & Mystery 

The Adventure of Christmas Pudding adalah kumcer yang terdiri dari enam cerita. Lima diantaranya kisah yang mengandalkan Poirot dan satu Miss Marple. Kisah favorit saya sendiri adalah Yang Tak Diperhitungkan. Mungkin karena itu yang paling panjang dan saya membacanya sekali duduk. 

Yang Tak Diperhitungkan mengisahkan tentang Reuben Astwell yang terbunuh di ruang kerjanya. Nampaknya ia dipukul dari belakang dengan gada raksasa. Charles Leverson adalah yang terakhir bersamanya malam itu, ia diduga sebagai pembunuhnya. Apalagi semalam terdengar suara ia berteriak-teriak pada Mr. Astwell dan diiringi suara dentuman keras. Tapi Lady Astwell tak percaya Leverson yang melakukannya, dan meminta Poirot menanganinya. 

Daya tarik cerita ini adalah metode Poirot itu sendiri
"... . Kita harus menirukan cara kucing piaraan berburu. Berjam-jam dia duduk memandangi liang tikus, tanpa bosan. Dia tak bergerak, tidak menggunakan energi, tapi... dia tidak pergi." (p230)

Kamis, 09 Oktober 2014

The Maze Runner (Film)

Sutradara: Wes Ball
Produser: Marty Bowen
Produksi: 20th Century Fox
Durasi: 113 menit
Rating: R
Cast:
- Dylan O'brien
- Thomas Brodie-sangster
- Will Poulter
- Kaya Scodelario
- Aml Ameen
- Blake Cooper

The Maze Runner dibuka dengan adegan pemuda kebingungan didalam kotak yang bergerak dengan kecepatan tinggi ke atas. Saat ia sampai di atas, ia di sambut oleh tawa orang-orang. Panik, bingung, dan ketakutan pemuda yang dipanggil Greenie itu berlari berusaha kabur namun kemudian terjatuh. Dan menyadari bahwa ia di tempat aneh, sebuah lapang hijau yang dibatasi tembok-tembok raksasa. Rupanya tempat itu bernama Glade, yang berada ditengah-tengah labirin raksasa (Maze). Setiap bulan, kotak yang mengangkat Greenie membawa orang baru dan persediaan. Orang baru itu tidak akan ingat apapun kecuali namanya. 

Disana ada Minho (Ki Hong Lee), ketua pelari; Alby (Aml Ameen) pemimpin para Gladers karna ia yang tertama kali tinggal di Glade; Newt (Thomas Brodie-sangster) sahabat Alby; Chuck (Blake Cooper), Gally (Will Poulter), Frypan, Jeff, Ben. Dll. Pintu labirin terbuka setiap pagi dan menutup sore harinya. Hanya Pelari (Runner) yang boleh memasukinya, karena hanya mereka lah yang tercepat dan terkuat diantara para Gladers (warga Glade). Memang kenapa dibutuhkan orang terkuat tercepat dan terkuat untuk memasuki labirin? Karena didalam labirin ada monster yang mereka sebut Griever, yang keluar saat matahari terbenam, saat pintu labirin tertutup. Lantas untuk apa para Runner memasuki labirin? Tujuannya untuk memetakan Labirin, mencari jalan keluar dari sana. Tidak mudah karna setiap malam labirin itu berubah bentuk. 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...