Kamis, 31 Desember 2015

[Wrap Up] 2015 Reading Challenge

In the beginning of this year, I said I won’t join too many challenge, since my 2014 reading challenge progress are sucks. But still, I can’t hold myself. Well, actually I only take challenge that I think would be easy to me, and maybe for some people six challenge are not too many. But this year also a difficult year, I guess. I know that sounds made up, and maybe the actual reason is I am too lazy.

The conclusion is, I am disappointed to myself. And now, I swear, next year I won’t join any reading challenge. Except Goodreads RC, I guess, and BBI read-a-long, and my Agatha Christie RC. Lol

So here is wrap up of all my challenge I’ve been joined this year. I don’t put down my ACRC because that is not only for this year.

New Authors Reading Challenge 2015 (15/15)

  1. Spellbinder – Helen Stringer (Jan)
  2. Misteri Taman Berhantu – Fita Chakra (Jan)
  3. Sorrow – Elsa Tamara Salsabila (Apr)
  4. The Rise of Majapahit – Setyo Wardoyo (Jun)
  5. The Night Gardener – Jonathan Auxier (Jul)
  6. The Monogram Murders – Sophie Hannah (Aug)
  7. Misteri Gua Jepang – Iwok Abqary (Aug)

Rabu, 30 Desember 2015

A Study in Scarlet - Sir Arthur Conan Doyle

Judul: A Study in Scarlet (1887)
Pengarang: Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit: Project Gutenberg
Terbit: Juli 2008, ebook
Tebal: 112 hlm
Genre: Classic, Crime, Thriller & Mystery

“There's the scarlet thread of murder running through the colourless skein of life, and our duty is to unravel it, and isolate it, and expose every inch of it.”—p. 32

Ini pertama kalinya saya baca Sherlock Holmes. Dan bersama Dr. Watson yang baru kembali dari perang, sama-sama berkenalan untuk pertama kalinya dengan detektif nyentrik ini. Saya mencoba mengingat apa yang dikatakan orang-orang tentang Sherlock Holmes. Seorang teman berkata kalau ia adalah detektif yang rendah hati, dan Monsieur Poirot selalu menggambarkannya sebagai anjing yang mengendus-endus.

Selasa, 29 Desember 2015

Hex Hall - Rachel Hawkins

Judul: Hex Hall (Hex Hall, #1) (2010)
Judul terjemahan: Hex Hall – Sekolah Sihir Hecate
Pengarang: Rachel Hawkins
Penerjemah: Dina Begum
Penerbit: Fantasious
Terbit: Agustus 2014
Tebal: 400 hlm
Genre: Fantasy, Paranormal, Romance

“Cuma berpikir. Ya ampun, Sophie, ini baru hari pertamamu dan kau sudah berteman dengan orang buangan di sekolah ini, membuat jengkel gadis-gadis yang paling ngetop di Hecate, dan naksir berat pada cowok paling ganteng. Kalau kau berhasil dihukum besok, kau akan menjadi seperti, legenda.”—p. 131

Kamis, 24 Desember 2015

Pengumuman Pemenang 2nd Blogoversary Giveaway


Selamat sore! Bagaimana suasana liburan akhir tahun kalian? Saya sebenarnya masih tepar gara-gara tadi siang baru aja nyampe rumah setelah bermacet-macetan ria di jalanan puncak sehabis widyawisata empat hari ke jogja :D (dan besok sudah harus siap packing lagi buat mudik ke Bekasi :p)

Tidak terasa 2nd Blogoversary Giveaway sudah berakhir, dan sudah tentu harus diumumkan pemenangnya. Sebelumnya saya berterimakasih pada semua peserta, seneng banget liat peserta giveaway tahun ini meningkat puluhan kali lipat daripada tahun lalu. Mungkin karena pertanyaannya lebih simple ya?

Minggu, 13 Desember 2015

The Darkest Minds - Alexandra Bracken

goodreads
Judul: The Darkest Minds
Judul terjemahan: Pikiran Terkelam
Pengarang: Alexandra Bracken
Penerjemah: Lulu Fitri Rahman
Penerbit: Fantasious
Terbit: Cetakan ke-1, September 2014
Tebal: 586 hlm
Genre: Dystopia, Romance
ISBN 978-602-0900-05-6

Di malam sebelum hari ulang tahunnya yang ke sepuluh. Ruby dan ayahnya membahas mengenai kematian. Ketika ibunya memekik mengenai hal itu, ayahnya bilang mereka harus mempersiapkannya. Penderita IAAN (Idiopathic Adolescent Acute Neurodegeneration–Degenerasi Saraf Akut Remaja) biasanya tewas diusia sepuluh tahun. Tapi rupanya Ruby bukan bagian dari mereka. Meski begitu, baginya, mati mungkin pilihan yang lebih baik daripada hidup.

Sabtu, 28 November 2015

The Picture of Dorian Gray - Oscar Wilde

goodreads
Judul: The Picture of Dorian Gray
Judul terjemahan: Lukisan Dorian Gray
Pengarang: Oscar Wilde
Penerjemah: Diyan Yulianto
Penerbit: Laksana
Terbit: Cetakan ke-1, 2015
Tebal: 276 hlm
Genre: Classic
ISBN 978-602-255-782-1
Lord Henry mengamati pemuda itu. Benar, anak muda itu benar-benar luar biasa tampan, dengan bibir melengkung yang bewarna kemerahan, mata birunya yang polos, rambut keemasannya yang agak bergelombang. Ada sesuatu dalam wajahnya yang dapat membuat orang lain langsung memercayainya. ... Dia memang tercipta untuk dipuja.—p. 35

Jumat, 27 November 2015

The ABC Murders - Agatha Christie

goodreads
Judul: The ABC Murders (1935)
Judul terjemahan: Pembunuhan ABC
Pengarang: Agatha Christie
Penerjemah: Luci Dukobani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan ke-1, Januari 1988
Tebal: 344 hlm
Genre: Classic, Crime, Mystery & Thriller
ISBN 979-403-269-7
Mr. Hercule Poirot—Anda menganggap Anda dapat memecahkan misteri-misteri yang bahkan terlalu rumit bagi polisi Inggris kami yang dungu, bukan? Mari kita buktikan, Mr. Clever Poirot, sampai di mana kepintaran Anda. Mungkin bagi Anda kasus ini tidak terlalu sulit untuk dipecahkan. Berhati-hatilah terhadap apa yang akan terjadi di Andover pada tanggal 21 bulan ini.
Hormat saya,
ABC

Senin, 23 November 2015

2nd Blogoversary Giveaway

2nd Blogeoversary Giveaway Mewri Membaca

Aloha! Semangat pagi pembaca! Juga selamat hari Senin! Jangan loyo denger kata ‘Senin’ karena Senin ini Blog Mewri Membaca bakal bagi-bagi hadiah dalam rangka blogoversary yang ke dua. Ayo bersorak! Horay!

Langsung saja, hadiah untuk Giveaway kali ini adalah buku pilihan kamu sendiri seharga Rp. 100.000 sebelum diskon untuk satu orang pemenng. Giveaway ini dibuka untuk semua orang yang punya alamat tinggal di Indonesia dan berlangsung sampai tanggal 22 Desember 2015 pukul 23.59.

Cara mengikuti Giveaway ini:
  • Share info giveaway ini di sosial media. [Wajib] 
  • Follow Blog ini via GFC atau Bloglovin' atau e-mail (ada di sidebar blog) atau Like Mewri Membaca di facebook. [Optional]
  • Follow @Fatiah_NM di Twitter. [Optional]
  • Isi Google Form di bawah postingan ini.
Good luck!


Sst, hari ini juga hari ulang tahun Cormoran Strike lho :D

Minggu, 01 November 2015

A Game of Thrones - George R. R. Martin

goodreads
Judul: A Game of Thrones (A Song of Ice and Fire #1) (1996)
Judul terjemahan: Perebutan Takhta
Pengarang: George R. R. Martin
Penerjemah: Barokah Ruziati
Penerbit: Fantasious
Terbit: Cetakan ke-1, Maret 2015
Tebal: 964 hlm
Genre: Fantasy
ISBN 978-602-0900-29-2
“Saat memainkan perebutan takhta, pilihannya adalah menang atau mati. Tidak bisa setengah-setengah.”—p.545
Kematian Tangan Kanan Raja, Jon Arryn, meresahkan keluarga Stark. Jon Arryn adalah suami dari Lysa Tully, adik dari Catelyn Tully, istri Eddard Stark. Tapi bukan hubungan darah itu saja yang meresahkan Lord Stark. Tidak lama setelah berita kematian itu datang, Raja Robert Baratheon datang mengunjungi kastelnya di Winterfell, dan meminta Eddard Stark untuk menjadi Tangan Kanan barunya. Keluarga Stark bukan orang yang haus kekuasaan, Eddard Stark sudah hampir menolak tawaran itu, sampai Lysa mengirimkan surat pada Catelyn, ia curiga Jon Arryn di bunuh oleh keluarga Lannister, keluarga Ratu. Rupanya permasalahan ini lebih daripada sekedar pembunuhan, perebutan takhta di mulai ... lagi.

Jumat, 30 Oktober 2015

Night of the Living Dummy III - R. L. Stine

boneka hidup beraksi 3
goodreads
Judul: Night of the Living Dummy III (Goosebumps #40) (1995)
Judul terjemahan: Boneka Hidup Beraksi III
Pengarang: R. L. Stine
Penerjemah: Hendarto Setiadi
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan ke-1, Januari 1997
Tebal: 144 hlm
Genre: Horor
ISBN 979-655-073-3
“Smiley—berhenti!” aku memekik.
Senyum di wajah boneka itu langsung lenyap. Ia menatapku sambil memicingkan mata. “Aku bukan Smiley,” katanya dengan suara parau. “Namaku Slappy.” —p. 102

Rabu, 07 Oktober 2015

Misteri Kota Lautan Api - Yovita Siswati


Judul: Misteri Kota Lautan Api (Seri Misteri Favorit #12)
Pengarang: Yovita Siswati
Penyunting: Pradikha Bestari
Ilustrator: Indra Bayu
Penerbit: Kiddo
Terbit: Agustus 2015 (Cetakan ke-1)
Tebal: 193 hlm
Genre: Thriller & Mystery, Crime
ISBN 978-979-91-0915-6

Wajah Lilis yang putih memerah. Kepangnya disabetkan ke belakang dengan kesal. “Pertama aku menjadi pembohong dengan membohongi ibumu. Lalu aku membuat orang cedera dengan ketapelku. Kemudian kita ditangkap polisi dan sekarang menjadi pelarian!”

“Bukan, bukan pelarian,” ralat Rakha. “Tapi buronan!”—p.117

Sabtu, 03 Oktober 2015

#125Cerita (Celebrating 125 Years of Agatha Christie)

Saya pertama kali mengenal Agatha Christie, dari sebuah buku kumcer usang yang direkomendasikan teman saya. Saat itu, ditengah tren membaca novel dan semangat membaca saya tinggi, saya menerima tawarannya meski kondisi bukunya sudah tidak menarik lagi.

Buku itu berjudul The Labours of Hercules, yang digadang-gadang teman saya itu sebagai sesuatu yang menakjubkan. Dan benar saja, baru membaca cerpen pertamanya saya langsung takjub. Sayang, saya hanya bisa membaca sebagian isinya, karena buku yang statusnya sedang di pinjam teman saya dari perpustakaan itu harus segera dikembalikan. Dan sialnya, karena alasan teknis, baru satu semester kemudian saya bisa melanjutkan membacanya.

Rabu, 30 September 2015

Pride and Prejudice - Jane Austen

goodreads
Judul: Pride and Prejudice (1813)
Pengarang: Jane Austen
Penerjemah: Berlini Mantili Nugrahani
Penerbit: Penerbit Qanita
Terbit: Cetakan ke-2, Maret 2015
Tebal: 588
Genre: Classic, Romance
Elizabeth Bennet dan Fitzwilliam Darcy sama sekali tidak cocok. Elizabeth menilai Mr. Darcy sebagai pria yang sok, angkuh, dan mengesalkan, sementara Mr. Darcy menganggap Elizabeth tidak anggun dan terlalu sering berprasangka.

Mereka saling bermusuhan, bahkan sering kali saling melontarkan sindiran pedas. Tapi kebencian mereka berangsur menjadi ketertarikan. Seiring berjalannya waktu, Elizabeth melihat sisi lain Fitzwilliam Darcy, bahwa dia bukanlah sekadar pria arogan seperti yang selama ini dia sangka.

Jumat, 11 September 2015

Senin, 31 Agustus 2015

Brave New World - Aldous Huxley


cover brave new world aldous huxley
goodreads
Judul: Brave New World
Pengarang: Aldous Huxley
Penerjemah: Nin Bakdi Soemanto
Penyunting: Tia Setiadi & Ika Yuliana K.
Penerbit: PT Bentang Pustaka
Terbit: Cetakan ke-1, Juli 2015
Tebal: 268 hlm
ISBN 978-602-291-087-9
Genre: Science Fiction, Dytopia, Classic
“Dan itu,” kata sang Direktur dengan tegas, “adalah rahasia kebahagian dan kebajikan—menyukai apa yang harus kau lakukan.” p.15
Kalimat tersebut sebenarnya adalah kalimat yang amat bijak dan nasihat yang patut dipikirkan. Tapi, mau tak mau saya merasa jijik karena sang pencetus kalimat, Direktur Penetasan dan Pemeliharaan (DPP), sedang melakukan tur di—umm—Pabrik Manusia.

Sabtu, 29 Agustus 2015

Misteri Gua Jepang - Iwok Abqary

sampul Misteri Gua Jepang - Iwok Abqary
Judul: Misteri Gua Jepang (Seri Misteri Favorit #10)
Pengarang: Iwok Abqary
Ilustrator: Indra Bayu
Penyunting: Pradikha Bestari
Penerbit: Kiddo
Terbit: 2015
Tebal: 152hlm
ISBN 978-979-91-0865-4
Genre: Crime, Thriller & Mystery
“Memangnya ada perang yang sopan?” p.50
Kek Pardi sangat misterius!

Kek Pardi adalah kakek jauh Adon yang tak pernah ditemuinya. Mendadak, Kek Pardi tinggal bersama keluarganya. Mendadak juga Kek Pardi membuat Ayah mengganti rencana liburan keluarga dari ke Yogyakarta menjadi ke Pangandaran.

Minggu, 23 Agustus 2015

Scene On Three #7

Banner scene on three
“... Dia salah karena mengabaikan tanda-tanda bahaya dan membuat kalian semua repot.”
“Saya akan menyampaikan kepada mayatnya.” Aku berkata pada diri sendiri bahwa apabila aku tersenyum ketika mengucapkannya, aku mungkin akan merasa lebih tenang.
“Katakan sesuatu kepada tamu-tamu lain,” Blanche menyarankan. “Katakan pada mereka, saya masih punya dua kamar kosong di sini. Memang tidak semewah Bloxham, tapi semua orang masih hidup ketika mereka bangun di pagi hari.”
(p.211, The Monogram Murders – Sophie Hannah)

Catchpool mungkin tidak tersenyum, tapi saya tersenyum. Saya tidak tau kenapa saya tersenyum. Saya merasa jahat.

Jumat, 21 Agustus 2015

The Monogram Murders - Sophie Hannah

sampul pembunuhan monogram oleh sophie hannah
goodreads
Judul: The Monogram Murders (2014)
Judul terjemahan: Pembunuhan Monogram
Pengarang: Sophie Hannah
Penerjemah: Ingliana Tan
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan ke-2, November 2014
Tebal: 376 hlm
ISBN 978-602-03-0755-8
Genre: Crime, Mystery & Thriller
“Kau percaya bahwa harapan adalah musuh ilmu pengetahuan dan bukan kekuatan yang mendorongnya? Kalau begitu, aku tidak setuju, ...” (p.64)
Hercule Poirot hendak menikmati makan malam yang tenang di sebuah kedai kopi di London, namun acaranya terganggu ketika seorang wanita muda mendatanginya. Wanita itu ketakutan karena akan dibunuh, tetapi dia meminta Poirot untuk tidak mencari dan menghukum pembunuhnya. Dia bersikeras bahwa setelah dirinya mati, keadilan telah ditegakkan.

Kamis, 30 Juli 2015

Scene on Three #6

Dalam waktu yang tidak terlalu lama hutan itu menjadi ramai. Penebangan dan pembuatan lahan pertanian berjalan cepat di bawah pengawasan tuhalas yang ditunjuk Arya Wiraraja. Tuhalas bertanggungjawab mengawasi orang-orang yang sedang bekerja agar tak menebang pohon tanpa mempertimbangkan akibat-akibat buruknya bagi keseimbangan alam agar dapat terus dinikmati anak cucu. 
—Hal 182 (The Rise of Majapahit by Setyo Wardoyo)

Melihat keadaan alam sekarang, pemanasan global dan segala macamnya, saya hanya bertanya-tanya kenapa tidak ada tuhalas lagi?

Rabu, 29 Juli 2015

The Night Gardener - Jonathan Auxier

goodreads
Judul: The Night Gardener (2014)
Pengarang: Jonathan Auxier
Penerjemah: Rini Nurul Badariah
Penerbit: Metamind
Terbit: Cetakan ke-1, Mei 2015
Tebal: 382 hal
ISBN: 978-602-72510-1-4
Genre: Horror


'Bantu aku tumbuh, dan akan kaudapat
Semua yang kau mau suatu saat.'hal 229

Susah payah selamat dari badai dan menempuh perjalanan yang sulit. Akhirnya, Molly dan Kip sampai di kediaman keluarga Windsor. Hal pertama yang menarik perhatian mereka adalah pohon besar di sebelah rumah itu, yang dahan-dahan dan akarnya menembus rumah. Masalahnya, pohon itu menyeramkan, sama menyeramkannya dengan keluarga Winsdor yang pucat seperti mayat.

Senin, 13 Juli 2015

Scene on Three #5

Untuk Scene on Three kali ini saya mengutip dari buku The Seven Dials Mystery karya Agatha Christie 
"... . Bill, kaukenal Jimmy Thesiger?"
"Tentu. Kau juga kenal, kan?"
"Tidak," kata Bundle
"Ya, pasti. Kau harus kenal dia. Setiap orang kenal Jimmy."
"Maaf. Tapi aku bukan setiap orang," kata Bundle. (Hal. 65)
Saya suka sekali dengan karakter Bundle. Hampir saja, ia terlihat kuper gara-gara pernyataan Bill. Tapi, kemudian dengan pernyataannya, Bundle berhasil menyelamatkan diri, dan memberikan pesan pada pembaca untuk tidak tertekan ketika mengetahui kita tidak sama seperti orang-orang. *err, itu sih kamu, fat*

Jumat, 03 Juli 2015

[Mei - Juni Update] New Author Reading Challenge 2015

Periode Mei - Juni ini jelas bukan periode terbaik saya dalam RC ini. Mood baca saya lagi turun banget. Bahkan ketika saya punya cukup waktu untuk baca timbunan, saya malah nyari-nyari alesan buat ngelakuin kegiatan lain. Padahal tadinya mau baca, paling gak tiga buku bulan Juni ini. Tapi, jangankan tiga buku, satu-satunya buku yang saya baca di bulan Juni aja bacanya mepet-mepet pas tanggal 30 ._.

1. The Rise of Majapahit by Setyo Wardoyo (Jun)

Selasa, 30 Juni 2015

The Rise of Majapahit - Setyo Wardoyo

goodreads
Judul: The Rise of Majapahit
Penulis: Setyo Wardoyo
Penerbit: PT Grasindo
Terbit: Cetakan ke-1, 2014
Tebal: xxvi+399 hal
ISBN 978-602-251-826-6
Genre: Historical Fiction
SPOILER ALERT

Review ini mungkin mengandung spoiler tentang endingnyaAh, tapi ini kan sejarah.
... “Kita harus berani menetukan nasib negeri kita sendiri. Jika kita lemah maka negeri lain akan mempermainkan kita”—p. 194
Berawal dari dendam keturunan Kertajaya—Raja Kediri—, Jayakatwang yang karena tahta nenek moyangnya itu digulingkan Ken Arok, ia jadi tidak bisa menduduki singgasana Kediri dan malah hanya menjadi raja Gelang-Gelang di bawah kepemimpinan keturunan Ken Arok itu, Kertanegara—Raja Singosari. Karenanya, ketika mendapat gulungan lontar dari adipati Sumenep—tepatnya dari Arya Wiraraja, mantan petinggi Singosari yang sakit hati karena jabatannya diturunkan—yang menyatakan bahwa ini keadaan Singosari sedang lengah. Jayakatwang sama sekali tidak ragu untuk menyerang induknya itu.

Jumat, 29 Mei 2015

Taken at the Flood - Agatha Christie

goodreads
Judul: Taken at the Flood (1948)
Judul terjemahan: Mengail di Air Keruh
Pengarang: Agatha Christie
Penerjemah: Ny. Suwarni A.S.
Penerbit: PT Gramedia
Terbit: Cetakan ke-2, Agustus 1989
Tebal: 368 hlm
ISBN 979-403-446-0
Genre: Crime, Classic, Mystery &Thriller
’Dalam hidup manusia, ada pasang ada surut. Bila arus pasang, nasib baik yang menanti...’
“Ya, pasang surut memang datang—tapi ada pula surutnya—dan surut itu akan menghanyutkan kita ke laut” (hal 362)
Gordon Cloade selalu memanjakan keluarganya, ia sendiri adalah seorang duda tanpa anak yang kaya raya. Yang ia maksud keluarga adalah; Jeremy Cloade, seorang pengacara—yang efisien—yang menikah dengan putri majikannya France Trenton—putri Lord Trenton yang amat menyukai kuda.

Minggu, 24 Mei 2015

One, Two, Buckle My Shoe - Agatha Christie

goodreads
Judul: One, Two, Buckle My Shoe (1940)
Judul terjemahan: Satu, Dua, Pasang Gesper Sepatunya
Pengarang: Agatha Christie
Penerjemah: Alex Tri Kantjono W.
Penerbit: PT Gramedia
Terbit: Cetakan ke-1, 1986
Tebal: 320 hlm
ISBN 979-403-013-9
Genre: Classic, Crime, Mystery and Thriller

..., "Saya banyak membaca cerita spionase semacam ini. Ada beberapa yang fantastik. Tapi cukup mengherankan, semua itu tidak lagi fantastik dibandingkan kejadian-kejadian yang nyata. ..." (hal 98)
Alistair Blunt adalah seorang bankir yang paling berpengaruh di Inggris, dengan cara konvensionalnya ia telah menyelamatkan Inggris dari krisis ekonomi yang mungkin terjadi. Tidak heran banyak orang yang memujanya, tetapi tidak sedikit pula yang membencinya, pemuda-pemuda yang menginginkan revolusi atau mungkin sekelompok mata-mata internasional yang menganggap Blunt adalah penghalang mereka. Jika ada yang menginginkan Blunt tewas, itu bukan hal aneh.

Jumat, 01 Mei 2015

[January - April Update] New Author Reading Challenge 2015

Saya udah baca progress baca peserta lain, dan ngerasa malu sama progress baca sendiri. Lalu nanya ke diri-sendiri, niat gak sih? Empat bulan terakhir saya hanya sempat baca tiga buku dari pengarang baru. Padahal udah seperempat tahun :( . Yasudahlah, masih ada tigaperempat tahun lagi :)

1. Spellbinder - Helen Stringer (Jan)
2. Misteri Taman Berhantu - Fita Chakra (Jan)
3. Sorrow - Elsa Tamara Salsabila (Apr)

Hehe ... hehe ... hehehe *ketawagaring*

Kamis, 23 April 2015

Ten Little Niggers - Agatha Christie

goodreads
Judul: Ten Little Niggers (1939)
Judul terjemahan: Sepuluh Anak Negro
Pengarang: Agatha Christie
Penerjemah: Mareta
Penerbit: PT Gramedia
Terbit: Cetakan ke-1, 1984
Tebal: 264 hlm
Genre: Suspense, Thriller & Mystery

Sepuluh anak Negro makan malam; Seorang tersedak, tinggal sembilan.
Sembilan anak Negro begadang jauh malam; Seorang ketiduran, tinggal delapan.
Delapan anak Negro berkeliling Devon; Seorang tak mau pulang, tinggal tujuh.
Tujuh anak Negro mengapak kayu; Seorang terkapak, tinggal enam.
Enam anak Negro bermain sarang lebah; Seorang tersengat, tinggal lima.

Rabu, 15 April 2015

Harry Potter and the Philosopher's Stone - J. K. Rowling

goodreads
Judul: Harry Potter and the Philosopher's Stone (1997)
Judul terjemahan: Harry Potter dan Batu Bertuah
Pengarang: J. K. Rowling
Penerjemah: Listiana Srisanti
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan ke-15, Januari 2004
Tebal: 384 hlm
ISBN 979-655-851-3
Genre: Fantasy
HARRY POTTER belum pernah jadi bintang tim Quidditch, mencetak angka sambil terbang tinggi naik sapu. Dia tak tahu mantra sama sekali, belum pernah membantu menetaskan naga ataupun memakai Jubah Gaib yang bisa membuatnya tidak kelihatan.

Selama ini dia hidup menderita bersama paman dan bibinya, serta Dudley, anak mereka yang gendut dan manja. Kamar Harry adalah lemari sempit di bawah tangga loteng, dan selama sebelas tahun, belum pernah sekali pun dia merayakan ulang tahun.

Selasa, 14 April 2015

Sorrow - Elsa Tamara Shalsabila

Judul: Sorrow
Penulis: Elsa Tamara Shalsabila
Penerbit: DAR! Mizan
Terbit: Cetakan ke-1, Agustus 2014
Tebal: 180 hlm
ISBN 978-602-242-484-0
Demi mencari sahabat sejati, Risna meninggalkan sekolah dan rumahnya. Dia pindah untuk mencari pertemanan yang abadi. Entah mengapa Risna sangat sulit untuk mendapatkan teman. Beruntunglah dia memiliki orangtua yang peduli kepadanya. Namun di sekolah barunya, Risna dimanfaatkan! Risna tidak mengetahui fakta sebenarnya. Cherry dan Rebecca hanya memperalat kepintaran dan keluguan Risna. Apa yang sebenarnya terjadi? Akankah Risna tersadar dan mendapatkan sahabat sejati?

Senin, 13 April 2015

Night of the Living Dummy I & II - R. L. Stine

goodreads
Judul: Goosebumps™: Night of the Living Dummy
Judul terjemahan: Goosebumps™: Boneka Hidup Beraksi
Pengarang: R. L. Stine
Penerjemah: Diniarty Pandia
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan ke-3, Maret 1996
Tebal: 160 hlm
ISBN 979-605-116-8
Genre: Horror

Lindy menemukan sebuah boneka dari tong sampah di dekat rumah mereka. Boneka ventriloquis yang menurut Kris menyeramkan.

Lindy memamerkan kemampuan ventriloquis kepada semua orang. Membuat semua perhatian tertuju padanya. Kris menganggap kelakuan Lindy itu konyol, namun sebenarnya ia iri. Apalagi ketika Lindy diminta datang ke ulang tahun Amy Marshall, dan keluarga Marshall bersedia membayarnya. Lama kelamaan Lindy jadi punya banyak pekerjaan.

Selasa, 31 Maret 2015

[March Wrap Up] 2015's Cloak & Dagger Reading Challenge

I barely didn't read any mystery book this month. Actually the only one mystery book i’ve read since the middle of this month is The Ice Princess by Camilla Lackberg. It took me a little longer to finished it because the book is not in my native language.

I wish I can finished it next month. Especially, on April I will have many free time, even there many exam too.

and about my opinion about this book so far. I thought Erica has an strange situation. I mean, she doesn't close to Alex again in long time, but everyone treat her like it was the most terrible accident in her life. But, its okay, i'm still can't wait to know what are really happen to Alex.

Senin, 30 Maret 2015

Scene on Three #4


Hari pertama saya masuk sekolah lagi, agak malas sebenarnya karena karena kemarin saya sudah libur seminggu (dan rasanya masih pengen libur), belum lagi jum'at depan ada libur lagi, dua minggu lagi juga libur lagi, seminggu. Libur, sekolah, libur, sekolah, lama-lama cape juga, maksudnya capek menyesuaikan dirinya. Sudah begitu banyak proyek rumit yang perlu diselesaikan (mentang-mentang banyak libur). Hal ini membuat saya teringat sebuah scene di The Graveyard Book – Neil Gaiman.


    “Kau aneh,” kata Mo. “Kau tak punya teman.”
    “Aku ke sini bukan untuk berteman,” jawab Bod dengan jujur. “Aku ke sini untuk belajar.”
   Hidung Mo berkedut. “Tahukah kau betapa anehnya itu?” dia bertanya. “Tidak ada orang yang ke sekolah untuk belajar. Maksudku, orang bersekolah karena harus.”
    Bod mengangkat bahu.
(p. 220 – 221)
Ini sebenarnya ironis sekali, ketika anak-anak jaman sekarang (termasuk saya) sering melupakan hakikat sebenarnya dari sekolah dan belajar. Hingga tak heran, banyak hal yang melenceng dari yang seharusnya dilakukan pelajar (mencontek, pacaran, dll). Yaah, karena sudah sok mengerti hal ini, mungkin ada baiknya saya berhenti mengeluh dan mulai belajar.

Rabu, 18 Maret 2015

Bulan - Tere Liye

Judul: Bulan
Pengarang: Tere Liye
Ilustrasi: eMTe
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan ke-2, Maret 2015
Tebal: 400 hlm
ISBN: 978-602-03-1411-2
Genre: Fantasy 
SPOILER ALERT

Review ini mengandung spoiler dari buku pertamanya, Bumi.
“Aku lupa, kompetisi ini bukan soal menang atau kalah, tapi tentang kita, tim kita, yang saling membantu, saling menolong, dan setia kawan” p.313
Akhirnya setelah setahun menunggu. Buku kedua dari serial Bumi terbit juga. Saya tidak bisa mendeskripsikan betapa senangnya saya. Awalnya saya berencana membeli buku ini tepat pada hari peluncurannya, 12 Maret. Sayangnya di CiWalk saya tidak menemukan toko buku, sehingga saya harus menunggu pada hari Sabtunya agar bisa membeli buku ini.

Rabu, 25 Februari 2015

Wishful Wednesday [3]

Sudah lama sekali sejak Wishful Wednesday saya yang terakhir. Bukannya gak ada keinginan, bukan juga karena sibuk. Simpel, karena males. Jadi, mumpung sekarang lagi gak males sekalian saja. Wishlist saya kali ini adalah Bulan karangan Tere Liye.
Buku kedua dari serial Bumi

Namanya Seli, usianya 15 tahun, kelas sepuluh. Dia sama seperti remaja yang lain. Menyukai hal yang sama, mendengarkan lagu-lagu yang sama, pergi ke gerai fast food, menonton serial drama, film, dan hal-hal yang disukai remaja.

Tetapi ada sebuah rahasia kecil Seli yang tidak pernah diketahui siapa pun. Sesuatu yang dia simpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan dengan tangannya.

Namanya Seli. Dan tangannya bisa mengeluarkan petir.
Sudah setahun sejak Bumi terbit Januari 2014, dan sudah setahun pula saya menunggu dengan setia *ceilah* sekuel serial ini. Apalagi ketika sang penulis mengatakan bahwa dalam buku ini settingnya akan lebih banyak di Klan Matahari.

Minggu, 22 Februari 2015

Problem at Pollensa Bay - Agatha Christie

goodreads
Judul: Problem at Pollensa Bay (1991)
Judul terjemahan: Masalah di Teluk Pollensa
Pengarang: Agatha Christie
Penerjemah: Widya Kirana
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan ke-6, Maret 2014
Tebal: 296 hlm
ISBN: 978-979-22-7231-4
Genre: Classic, Crime, Romance, Thriller & Mystery

Buku ini adalah kumpulan cerpen Agatha yang pernah diterbitkan di media massa. Ada delapan cerita, enam diantaranya merupakan kisah misteri dan dua lainnya romance. Meski begitu, jelas sekali cinta memang menjadi tema utama dalam kumcer ini.

Kisah pertama adalah Masalah di Teluk Pollensa, yang tokoh utamanya adalah Mr. Parker Pyne. Ini pertama kalinya saya membaca Parker Pyne, dan kesan saya, ia mempunyai cara dan tipu daya yang unik seperti Poirot namun juga sangat romantis seperti Hastings.

Kamis, 12 Februari 2015

Opini Bareng BBI: Karakter Tokoh Utama

Apakah kamu lebih menyukai karakter utama yang serba sempurna, mirip dengan kepribadianmu, atau yang hidupnya penuh dengan masalah dan ketidaksempurnaan? Apakah kamu menyukai tokoh utama yang cerewet atau pendiam?
Setelah saya pikir-pikir, saya bisa menyukai hampir semua karakter tokoh utama dari setiap buku yang saya baca. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, saya lebih menyukai lagi karakter yang bisa membuat saya cemburu. Jadi gak terlalu mempermasalahkan karakternya sih, lebih kepada apa yang bisa mereka lakukan tapi saya tidak bisa. Maksudnya gimana sih?

Rabu, 04 Februari 2015

Koala Kumal - Raditya Dika

goodreads
Judul: Koala Kumal
Penulis: Raditya Dika
Penerbit: GagasMedia
Terbit: Cetakan ke-1,  2014
Tebal: 250 hlm
Genre: anthology, Humor & Komedi, Non-fiksi
ISBN: 979780769X 
‘Lo udah punya cewek, Ri?’ tanya gue.

‘Hmmm... Bukan cewek, sih, sebenernya dia mantan gue. Yah, gak mantan juga, tetapi lebih kayak gebetan. Yah, gak, gebetan juga, sih... dia gak pernah ngajak gue ngomong’ p. 18
Saya punya banyak teman yang ngefans sama Raditya Dika. Mila, misalnya, yang waktu SMP dulu, bahan obrolan favorit dia setiap hari senin pagi adalah Malam Minggu Miko atau Stand Up Comedy, yang bikin saya ikutan ‘hahaha’ tapi gak minat; atau Muti, yang saking ngefansnya, rela dipanggil ‘mbip’ dalam kesehariannya.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...