Wanara 01 - Sweta Kartika

goodreads
Judul: Wanara Vol. 1 (Wanara #1)
Pengarang: Sweta Kartika
Penerbit: PT Surya Perkasa November Abadi
Terbit: Cetakan ke-1, Desember 2015
Tebal: 184 hal
Genre:  Action, Comic

Lima Mandala adalah nama sebuah kelompok superhero di masa lalu, tapi kini anggotanya sudah pensiun.  Sedangkan Seta ‘hanyalah’ siswa kelas dua SMA yang hobby parkour serta jago beladiri yang merupakan pemuja Lima Mandala. Karena itu, ia dan monyetnya, Chimpz, mencoba ikut menyusup ke gedung Panda. Co saat melihat Panca—salah satu anggota Lima Mandala—menyusup ke sana.

Meski Lima Mandala sudah bubar, sayangnya musuhnya tidak begitu. Panda.co adalah perusahaan besar milik Big Boss Panda yang sentiasa melakukan berbagai tidak kejahatan demi uang, dan dengan tidak adanya superhero lagi di kota mereka jadi lebih bebas beraksi. Bahkan lebih buruk lagi, memanfaatkan pensiun superhero itu dalam rencana jahatnya.

Seta tidak bisa diam saja, begitu juga teman-teman barunya. Dan petualangan pun di mulai.

Where there are no superheroes, the monkeys save the day.

#BBIFirstBookshopping
Saya gak tau kesambet apa sampe bisa memutuskan buat beli komik. Entah sudah berapa tahun sejak terakhir kali saya beli komik. Dan ini bukannya godaan sesaat begitu sampe toko buku langsung beli. Saya memang niat mau beli Wanara kok, saking niatnya, ketika gak nemu di Gramedia Padjajaran, saya jalan kaki ke Gramedia Botani, eh? Deket ya? Oh, maaf.

Oke. Saya bohong barusan. Saya bukannya gak tau alesan beli Wanara. Jelaslah, karena komikusnya Sweta Kartika. Pfft. Alasan macam apa ini. Apalagi ketika di komik ini juga muncul karakter yang pertama kali mengenalkan saya dengan Mas Sweta, QDJY (baca: keji). Dan setelahnya tidak sulit untuk menemukan karya Sweta Kartika yang lain. Komikus yang satu ini memang amat sangat produktif dalam berkarya. Nusantaranger menemani saya sepanjang 2014; kemudian ada Grey dan Jingga (dan prekuelnya, dan sekuelnya) yang sudah terbit buku cetaknya; Piraku x Piraku season 1 sudah tamat di webtoon; Serialnya di Ragasukma sudah dua buku; H2O sedang berjalan saat ini; dan jangan lupakan komik duet ‘Kalau Monyet Jatuh Cinta’; serta ilustrasi buatannya dalam Koala Kumal.

Yang ingin saya katakan adalah: review ini sudah tidak mungkin objektif lagi. Saya selalu suka karya-karya Sweta Kartika termasuk Wanara. Bahkan meski saya tidak mengikutinya saat masih di Makko.

Soal artwork, jangan ditanya, soalnya saya gak ngerti *plak, tapi yang jelas style gambar komikus ini memang punya ciri khas. Yang membuat sekali lihat gambarnya pasti langsung tau kalau itu gambar Sweta Kartika. Dan seperti biasa, Mas Sweta menyisipkan kearifan lokal dalam karyanya, mulai dari ‘Wanara’ itu sendiri bahkan sampai cover per-chapter-nya yang epic. Dua hal ini ngebuat ceritanya makin berasa Indonesia.

Ide Wanara juga unik. Menyelamatkan superhero, kebalikan dari komik aksi lainnya di mana superhero menyelamatkan dunia.  Bukan berarti saya gak penasaran buat baca kisah Lima Mandala, apalagi ketika tau di dalamnya ada Sri Asih, hmmm. Karakter lainnya juga juga menarik, Seta yang ceria, Brata yang berwibawa, Beibo si ahli teknis, dan Monster yang kekuatannya dahsyat meski hatinya lembut. Mereka saling melengkapi. Hal menarik lainnya, adalah Pavly Chengko yang jadi cameo ... yang kurang cocok apa coba sama anak buah bos panda yang punya style rambut panda (apa itu bondu?). Imut, tapi mematikan. Eaaaa.

Meski begitu saya sebenernya bingung sama setting waktu dan tempatnya. Oke, soal tempat mungkin memang sengaja gak spesifik karena memang alternate universe. Dan soal waktunya bukan masalah letaknya dalam baris waktu dunia, saya cuma bingung dengan kejadian yang dikatakan hari Selasa lalu beberapa adegan kemudian jadi hari Minggu. Memang sih gak disebutin berapa lama dari waktu penyelamatan Cakra ke penyelamatan Netra, jadi mungkin memang ada jeda yang cukup lama, tapi tetep aja sayanya kaget -_-

Gak sabar baca volume 2 nya, pengen tau kelanjutan hubungan Seta dan Gecko (ampuni fantasi remaja putri saya)

Yaah, sekian.


Komentar

  1. Wah, sampai sekarang masuk wistlist saya tapi belom sempat beli..
    Salam kenal xD saya juga demen karya"nya mas Sweta meski belom baca semuanya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misteri Kota Topeng Angker - Yovita Siswati

Peter Pan - J. M. Barrie

Which Character Would You Choose?

The Litigators - John Grisham

Scene on Three #1